Alat untuk Game Streaming Bagi Pemula




Memulai streaming untuk gaming, tentu saja ada persiapan awal yang harus kamu lakukan. Misalnya saja, kamu harus menyiapkan alat untuk game streaming terlebih dahulu. Dengan peralatan yang lengkap, kualitas streaming yang kamu hasilnya juga menjadi lebih baik.

Hal inilah yang biasanya menjadi faktor utama agar kamu bisa mendapatkan perhatian dari viewers potensial. Bisa dikatakan, bahwa peralatan yang harus disiapkan ini merupakan ‘alat tempur’ untuk kamu melakukan streaming. Semakin bagus dan semaking lengkap peraltanmu, kamu juga akan mendapatkan hasil yang optimal.

Lantas, apa saja alat untuk game streaming yang kamu butuhkan? Berikut ini daftar lengkap alat-alat tersebut beserta dengan penjelasanya.

Alat untuk Game Streaming

Tentu saja, alat-alat ini wajib untuk kamu miliki. Tanpa alat ini, memang kamu masih bisa melakukan streaming, namun kualitasnya jauh dari standar yang membuat streaming kamu menjadi lebih baik.

1. Laptop atau Komputer

Alat pertama yang harus kamu sediakan yakni laptop atau komputer. Fungsi dari alat ini yaitu sebagai tempat untuk bermain game sekaligus untuk menginstal software khusus streaming.

Alat ini juga dibutuhkan walaupun kamu memainkan game online versi mobile. Laptop atau komputer, bisa menjadi perantara untuk menyambungkan smartphone kamu agar layarnya bisa ditampilkan ketika live streaming.

Tak hanya untuk bermain game dan juga menginstal software streaming, kamu juga memerlukannya sebagai alat editing jika memang dibutuhkan. Silakan gunakan laptop dan komputer yang kamu miliki saja, walaupun spesifikasinya standar, selama bisa digunakan menginstal software streaming, itu tidak masalah.

2. Mikrofon

Alat kedua yang harus kamu lengkapi adalah mikrofon. Dengan alat ini, kamu bisa memberikan input suara dengan hasil yang optimal. Silakan sambungkan mikrofon dengan laptop atau komputer yang sebelumnya telah disediakan. Dengan itu, suara yang dihasilkan bisa sangat baik dan bisa memanjakan telinga pendengar.

Sebenarnya, kamu bisa tidak melengkapi peralatan ini asalkan menggunakan headset berkualitas yang bisa digunakan untuk mendengarkan suara sekaligus untuk mikrofon. Dengan headset, kamu bisa menghemat biaya sekian persen dibandingkan dengan menggunakan mikrofon secara terpisah.

3. Kamera

Alat selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah kamera. Fungsinya adalah untuk menampilkan wajah, gestur, mimik, dan juga gerak-gerik kamu saat melakukan live streaming. Hal ini menjadi sangat penting lantaran sudah banyak streamer khusus gaming yang diidolakan hanya gara-gara menampilkan perilakunya di kamera.

Berbeda halnya jika kamu tidak menampilkan wajah dalam live streaming yang dilakukan. Pastinya, konten yang kamu buat akan membosankan dan tidak menarik bagi sebagian orang. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi jumlah view yang akan kamu dapatkan.

4. Green Screen

Alat selanjutnya yang kamu butuhkan adalah Green Screen. Alat ini sangat berguna untuk kamu agar background yang kamu gunakan tidak mengganggu tampilan game yang kamu mainkan.

Nantinya, yang akan ditampilkan hanyalah wajah dan juga setengah dari tubuh bagian atasmu yang ada di layar. Dengan ini, kamu bisa meletakkannya di pojok kanan atau kiri bawah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Penerapan dari Green Screen ini bisa kamu lihat di beberapa streamer profesional favoritmu. Mereka pasti menggunakan Green Screen agar backgroundnya bisa transparan dan memberikan tampilan streaming yang lebih baik lagi.

5. Kursi Gaming Sederhana

Bagi kamu yang pemula dan belum memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa menggunakan kursi gaming sederhana untuk kebutuhan streaming. Silakan beli dulu yang ada di kisaran harga Rp 500.000 saja.

Itu sudah cukup untuk kamu gunakan. Penggunaannya nyaman, harganya murah, dan juga cukup awet. Hal ini akan membantu kamu untuk menghemat sekian persen dari pembelian kursi gaming.

Dengan melengkapi alat untuk game streaming tersebut, kamu sudah bisa melakukan streaming sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk bekerja keras setiap saat agar hasil yang didapatkan bisa optimal.